Home » » Tukang Sihir Dunia Tengah

Tukang Sihir Dunia Tengah

Dalam fiksi JRR Tolkien, Wizards of Middle-earth adalah kelompok makhluk lahiriah menyerupai manusia namun memiliki kekuatan fisik dan mental yang jauh lebih besar. Mereka juga disebut Istari oleh Peri. Kata Sindarin adalah Ithryn (tunggal Ithron). Mereka dikirim oleh kaum Valar untuk membantu orang-orang di Middle-earth ke menentang Sauron.

Para penyihir yang Maiar, roh urutan yang sama seperti kaum Valar, tetapi lebih rendah dalam kekuasaan. Tiga dari mereka yang pertama dikenal sebagai Saruman "Orang Yang Memiliki keterampilan" (Rohirric), Gandalf "elf dari staf" (Men utara), dan Radagast "tender binatang" (mungkin Westron). Tolkien tidak pernah memberikan nama-nama non-Peri untuk dua lainnya, satu tradisi memberi nama mereka di Valinor sebagai Alatar dan Pallando, dan lain sebagai Morinehtar dan Rómestámo di Dunia Tengah. 

Setiap penyihir memiliki jubah karakteristik warna putih untuk Saruman (kepala dan yang paling kuat dari lima Istari), abu-abu untuk Gandalf, coklat untuk Radagast, dan laut-biru untuk Alatar dan Pallando. Gandalf dan Saruman memainkan peran penting dalam The Lord of the Rings, sedangkan Radagast hanya muncul sebentar. Alatar dan Pallando tidak ada dalam fitur cerita, sewaktu mereka melakukan perjalanan jauh ke timur setelah kedatangan mereka di Middle-earth.

Tolkien memberi beberapa nama untuk mereka semua. Dalam Quenya Saruman itu Curumo ("terampil satu"), Gandalf adalah Olórin ("bermimpi" atau "pemimpi"), dan Radagast adalah Aiwendil ("teman burung"). The Quenya nama Morinehtar ("pembunuh kegelapan") dan Rómestámo (" Pembantu Timur") diberikan untuk Alatar dan Pallando, meskipun tidak jelas yang berjalan dengan nama yang penyihir. 

Sebagai Istari masing-masing disajikan Vala dalam beberapa cara. Saruman, atau Curumo, adalah hamba dan pembantu Aulë, dan belajar banyak dalam seni pengerjaan, mekanik, dan logam-bekerja, seperti yang terlihat di Era Ketiga. Gandalf adalah hamba Manwë atau Varda, tapi pencinta Gardens of Lorien, dan jadi tahu banyak harapan dan impian Manusia dan Peri. Radagast, hamba Yavanna, mencintai hal-hal alam, baik Kelvar dan Olvar. Karena setiap Istari ini belajar dari Vala mereka, dan mereka bertindak di Dunia Tengah.

0 comments:

Post a Comment