Home » » Istari Dunia Tengah

Istari Dunia Tengah

Satu-satunya referensi ke Blue Wizards dalam The Lord of the Rings adalah tuduhan Saruman bahwa Gandalf ingin mengambil tongkat dari semua lima penyihir untuk dirinya sendiri.  Padahal Manwë mengatakan bahwa dia ingin dia pergi ke Dunia Tengah. Olórin menjawab bahwa ia menganggap dirinya terlalu lemah untuk tugas seperti itu, dan menambahkan bahwa ia takut Sauron. Kemudian Manwë mengatakan bahwa itu semua alasan mengapa ia harus pergi, dan ia memerintahkannya untuk pergi sebagai yang ketiga.

Kisah ini berakhir dengan pernyataan bahwa Curunír terpaksa mengambil Aiwendil resp. [Radagast] dengan dia untuk menyenangkan Yavanna, istri Aulë, dan bahwa Alatar mengambil Pallando sebagai teman. Jadi Alatar adalah penyihir kedua yang dipilih, atas saran dari Vala Oromë yang memiliki pengetahuan sebagian besar tanah timur. Pallando kemudian dipilih oleh Alatar untuk menemaninya sebagai teman. Dalam naskah awal Tolkien telah dikaitkan Pallando dengan Valar Mandos dan Nienna, tapi ia kemudian berubah ini juga mengasosiasikan Pallando dengan Oromë. Dalam sebuah surat yang ditulis pada saat yang sama Tolkien juga menulis tentang peran mereka.

Beberapa perubahan dalam teks yang ditulis dalam tahun lalu atau dua kehidupan Tolkien (diterbitkan dalam karyanya Orang orang dari Dunia Tengah dari 1996). Mereka dikatakan telah tiba tidak dalam Zaman Ketiga, tetapi Kedua, sekitar tahun 1600, saat penempaan Ring Satu. Misi mereka adalah untuk melakukan perjalanan ke timur dan melemahkan kekuatan Sauron. Di sini dikatakan bahwa Wizards tidak gagal, melainkan mereka memiliki peran penting dalam kemenangan Barat pada akhir dari Abad Kedua dan Ketiga. Pada saat yang sama, Tolkien mempertimbangkan kemungkinan bahwa Glorfindel tiba kembali di Dunia Tengah bersama dengan Blue Wizards. Kemudian, penafsiran ini lebih positif, Blue Wizards mungkin telah berhasil seperti Gandalf, hanya terletak di sebuah teater yang berbeda di luar perbatasan peta dalam The Lord of the Rings. 

Dalam film 2012 The Hobbit: An Unexpected Journey, Gandalf mengacu ke Blue Wizards, tetapi mengatakan bahwa ia tidak ingat nama-nama mereka, yang tampaknya mengacu pada penamaan ambigu Tolkien dari mereka. Ini bisa juga karena sebagian pembuat film kurang memiliki pengetahuan untuk Unfinished Tales, The Silmarillion dan Sejarah Seri Middle Earth dan dengan demikian mereka tidak bisa menyebutkan nama mereka. Hal ini mirip dengan Games Workshop yang menemukan nama untuk pasangan di atas meja wargame mereka karena mereka hanya memiliki hak untuk buku The Lord of the Rings.

0 comments:

Post a Comment