Home » » Valar Dunia Arda

Valar Dunia Arda

Valar (Tunggal Vala) adalah karakter dalam legendarium JRR Tolkien. Mereka pertama kali disebutkan dalam The Lord of the Rings, tapi dalam The Silmarillion (diterbitkan secara anumerta tapi dirakit sebagian besar dari bahan tertulis sebelum The Lord of the Rings) berkembang menjadi Kekuasaan Arda atau Kekuasaan Dunia.

Mereka memiliki kekuatan malaikat, para Ainur yang memilih untuk pergi ke Dunia (Arda) dan menyelesaikan pengembangan materi setelah bentuk oleh karena Musik di Ainur (Ainulindalë).

Inilah nama dan atribut Valar dimana ketua / pemimpin mereka dikenal dengan Eldar. Di Dunia Tengah, mereka dikenal dengan nama lain asal Sindarin, Varda, misalnya, disebut Elbereth. Manusia mengenal mereka dengan banyak nama lain, dan kadang-kadang menyembah mereka sebagai dewa.

Dengan pengecualian Oromë, nama-nama yang tercantum di bawah bukan nama sebenarnya melainkan judul nama sebenarnya dari kaum Valar yang dicatat.  The Aratar (Quenya: Ta'ala) atau Satu Dari Arda Tertinggi adalah delapan Valar terbesar : Manwë, Varda, Ulmo, Yavanna, Aulë, Mandos, Nienna, dan Oromë. Lorien dan Mandos adalah saudara dan disebut kolektif sebagai Fëanturi atau "Master of Spirits".
Valar berjumlah empat belas (lima belas termasuk Melkor) Ainur yang masuk Arda setelah penciptaan untuk memberi perintah kepada dunia dan memerangi kejahatan Melkor. Mereka membantu untuk memulai pembentukan Arda melalui musik Ilúvatar. Setiap Ainur menambahkan bagian Tersendiri untuk menjelma didunia. 

Semua kecuali Melkor, Visinya adalah tentang apa dan bagaimana seharusnya dunia berbeda dari tujuan semula. Hal ini menyebabkan pengecoran dari Melkor dan pemberontakan yang besar yang menyebabkan begitu banyak penyakit dari dunia Arda. Valar awalnya berdiam dan tersembunyi di Isle of Almaren, tapi setelah kehancurannya, jauh sebelum Kebangkitan dari Peri, mereka pindah ke Aman dan Valinor didirikan.

0 comments:

Post a Comment